Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Profil Pembalap MotoGP: Jorge Lorenzo

Saturday, August 18, 2012


Jorge Lorenzo adalah Pembalap Profesional MotoGP asal Spanyol. Jorge Lorenzo bergabung bersama Team Fiat Yamaha Tahun 2009, Jorge yang berstatus Juara bertahan hanya berhasil meraih Juara Kedua, kalah oleh pesaing terberatnya Casey Stoner.

Jorge Lorenzo dilahirkan di pulau Balearic Mallorca, Spanyol pada 4 Mei 1987. Ia mulai mengendarai sepeda motor dirumah ketika umurnya masih 3 tahun dan beberapa bulan kemudian dengan motornya ia ikut balap pertama, pada ajang balap minicross. Di tahun 1995 diumurnya yang kedelapan tahun, ia menjuarai Balearic dan kemudian tahun-tahun setelahnya ia juga menjuarai kelas tersebut, seperti kelas trial, minimoto, dan motocross junior dan ia selalu menyandang gelar juara.

Lorenzo lulus ke road race di Spanyol dan di kejuaraan nasional tahun 1997 dan tidak membuatnya bertahan lama untuk melangkah maju, menjuarai kejuaraan Aprilia 50cc di 1998. Karena ia terlalu muda, ada dispensasi khusus buatnya di tahun 2000 yang mengijinkannya untuk berkompetisi di seri Spanish kelas 125cc pada umurnya yang masih 13 tahun dan ia membuat sejarah pada tahun berikutnya ketika berkompetisi di Eropa dan menjadi pembalap termuda yang pernah ada pada kelas Eropa pada kejuaraan 125cc.

Pemuda yang berbakat ini, sekali lagi menunjukkan bahwa umur bukan merupakan batas untuk naik ke level range di kejuaraan balap motor, dan membuat loncatan pertama dikejuaraan dunia dengan motor Derbi di Spanish Gran Prix Jerez pada tahun 2002. pada musim ketiga, Ia tidak diijinkan melakukan sesi latihan hari jumat untuk bisa turun di seri itu, hal itu di sebabkan karena umurnya masih 15 Tahun, tapi niat bulatnya membuahkan hasil dan ia membuat kejutan kepada peserta lainnya karena berhasil merebut tempat di pole posision saat itu.

Mallorcan atau Lorenzo ini datang berlomba pada usia yang tepat pada musim  kompetisi berikutnya, menang di balap pertamanya kelas 125cc di GP Rio de Janeiro dan memenangkan 3 musim berikutnya, finish keempat di tahun 2004, sebelum ia beranjak ke motor pabrikan Honda di kelas 125cc. Podium ke enam diperoleh dan empat pole posisition diperoleh di tahun pertamanya, musim kelas 250cc mendapat point akhir diposisi kelima dan dengan kepindahannya ke tim Aprilia, 2006 ia berharap mendapatkan reputasi yang lebih baik.

Lorenzo dimusim 2006 berharap lebih baik, dominasi kelas tersebut dengan delapan kemenangan dan menorehkan reputasi yang hebat dengan sepuluh kali pole position. 2007 adalah waktu bersejarah buat Lorenzo, dan ia mendapatkan gelar juara dunia yang kedua kalinya di seri Sepang. Ia juga menjadi pembalap yang paling sukses di kelas 250cc, sebagai pembalap Spanyol tersukses sepanjang masa.

Lepas tahun 2007, ini adalah masa keberuntungan baginya, terlebih ketika melihat Valentino Rossi crashed saat balapan, ia sangat mudah untuk berada di barisan terdepan. Selama di lintasan, Rossi Merupakan saingan terberat sekaligus guru dalam perjalanan karirnya di motoGP.

Di tahun 2008 Lorenzo bergabung dengan Yamaha, ia menjadi tandem sang legenda balap Valentino Rossi di Fiat Yamaha Tim. Kombinasi karakter yang penuh warna, Lorenzo adalah orang yang sangat ceria dan flamboyant yang membuatnya sebagai sosok yang sangat populer di depan para fansnya. sehingga para penggemarnya memberi julukan Por Fuera kepada Jorge Lorenzo.

Di musim 2009 Lorenzo semakin kuat dan matang, ia terus menempel ketat Rossi sepanjang musim, seringkali ia nampak terjatuh ketika race tetapi itu menjadi sebuah pelajaran berharga dan berubah menjadi sangat tangguh, ia bahkan berubah menjadi pembalap yang mampu nyamai dengan skill Vlentino Rossi dan beberapa kali berhasil mengalahkannya. Di akhir musim ia keluar sebagai runner up. Di akhir musim 2009 pula ia memperpanjang kontarknya dengan Fiat Yamaha, dan merasa optimis untuk musim 2010 ini dengan Yamaha YZR M1.

Tahun keduanya di Yamaha ia semakin tangguh, dan selalu nampak berada di barisan depan balapan, ia berhasil menyabet gelar juara dunia tahun 2010 dan 2012.
Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA