Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Test Drive Peugeot 308, Responsif Dengan Fitur Lengkap

Sunday, October 21, 2012

Salah satu mobil gacoan PT Astra International-Peugeot adalah seri 308 terbaru. Hatchback ini diklaim menjanjikan performan dan kesenangan berkendara.

Masa sih? Dari pada penasaran, yuk kita cicipi sensasi berkendara Peugeot 308 dalam perjalanan jauh. Kencan sehari menempuh rute Jakarta-Bandung via Puncak rasanya cukup memberikan gambaran kemampuannya. Setidaknya, performa mobil ini ke kecepatan tinggi, jalanan rusak ada kemacetan kota bisa dirasakan.

Lepas dari Jakarta, jalan TOL kami pilih untuk menuju Bogor. Performa mesin 1.598 cc nya diputaran bawah sangat terasa. Hentakan torsi yang langsung galak sejak 1.000 sampai 1.500 rpm memang menjadi unggulan hatchback terbaru Peugeot ini.

Yang pasti tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam untuk membuatnya berteriak dan mencapai pada tenaga maksimalnya yang diklaim tembus 156 Hp pada 5.800 rpm. Kalau tidak puas dengan performa tuas 'D' pada transmisi Automatic Tiptonic System-nya, silahkan pindahkan ke mode Sport. Cukup tekan tombol kecil disamping tuas transmisi.

Bedanya, akan langsung terasa. Kick down sedikit saja putaran mesin langsung dengan cepat berteriak. Responnya jadi lebih bagus, pada kondisi tertentu gigi terasa dipindahkan selalu di atas 5.000 rpm. Hal ini membuat akselerasi lebih cepat. 

Ketika pedal diinjak makin dalam, enggak terasa jarum speedometer sudah menunjukan angka 170 km/jam. Bukan topspeed yang mau dirasakan. Tapi justru stabilitas suspensinya layak diacungi jempol. Pada tikungan panjang, tidak terasa mengayun.

Kaki-kakinya tetap kaku menjaga arah mobil sesuai kemauan sang pengendara. Diajak bermanuver pun masih tergolong mudah, pindah lajur untuk mendahului kendaraan lain bisa dilakukan tanpa over atau understeer.  

Masuk area Bogor menuju Puncak, perjalanan lebih santai. Karena macet, fitur-fitur di dalam kabin bisa dinikmati. Paling menyita perhatian adalah panoramic roof-nya. Hanya dengan menekan tombol di konsol tengah dekat rem tangan, atap seluas 4,86 meter persegi ini menjadi tembus pandang.

Fitur lainnya seperti AC dengan dual zone automatic juga memberikan kenikmatan bagi semua penumpang. Dinginnya AC bisa diatur kanan atau kiri sesuai keinginan. AC nya juga dingin, fitur automatic-nya bisa dengan cepat menyesuaikan suhu kabin sesuai keinginan.

Fitur menarik lainnya yang jarang ada di mobil hatchback adalah arm rest di bangku belakang, selain bisa berubah jadi tatakan botol minum, juga terdapat ekstension untuk menuju bagasi. Lubang kecil layaknya sedan ini cukup berguna ketika harus mengambil barang kecil di bagasi tanpa perlu membuka pintu belakang.

Ketika melintasi kawasan gunung kapur Padalarang dengan tekstur jalanan tidak rata sangat terasa getaran kaki-kakinya. Suspensinya memang stabil di kecepatan tinggi, tapi giliran bertemu jalan rusak, tidak kenyamanannya sedikit terkoreksi.

Tapi kekurangan ini rasanya bukan masalah ketika melihat kelengkapan safety-nya. Mulai dari ABS, EBD,EBA, ESP, seat belts dengan Force Limiting Pre-Tensioners dan airbag di 4 titik. Wajar lah kalau mobil yang build up dari Perancis ini harganya mencapai Rp 360 juta.

Dimension     
Overall length: 4,276 mm
Overall width: 1,815 mm
Overall height: 1,498 mm
Wheelbase: 2,608 mm
Transmission     
Gearbox: Automatic Gearbox 6 speed with Tiptronic System
Suspension     
Front: Independent Mac Pherson Type Struts And Anti-Roll Bar
Rear: Deformable U shaped cross member located by two arms and a hollow anti roll bar
Brakes     
Front: Ventilated Disc
Rear: Solid Disc
Tyres & Wheels     
Front & Rear: 225/45 R 17, Alloy
Weight     
Kerb weight: 1.402 kg
Capacities     
Fuel tank capacity: 60 ltr
Boot Volume: 420 ltr
Fuel Type: Unleaded (RON95)
Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA