Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Upgrade Housing Clutch Jupiter MX

Sunday, October 28, 2012

Memaksimalkan performa bisa dengan menyentuh bagian kopling, yang berfungsi memutus dan menyambung tenaga dari kruk as ke rasio. Yaitu dengan meminimalkan selip kala akselerasi, sehingga motor bisa langsung ngacir saat kopling ditutup kala menaikan posisi gigi. Bensin pun bisa lebih irit lo.

Nah, salah satu cara ampuh yakni pakai rumah kopling yang dilengkapi dengan 6 kaki berikut pernya (gbr. 1). “Tekanan lebih merata, sehingga selip bisa diminimalkan,” terang Robert Cong, pemasok perangkat kopling dari Global Motorindo, di Jl. Letjend Suprapto No. 60 Galur, Jakpus.

“Tarikan jauh lebih responsif, takputus-putus mirip pakai close ratio,” puas Zulfikar Noor yang sudah pakai kopling 6 kaki ini. Tapi menurutnya ada satu kekurangan, lantaran per tambah 2 dengan spring rate sama dengan standar, tarikan handle kopling jadi lebih berat, “Pegal jika ketemu macet,” tambahnya.
Mau coba pasang? Salah satu mereknya ada SYS yang dimasukan oleh Robert dari Malaysia, termasuk untuk Yamaha Jupiter MX. Oh iya, khusus Jupiter MX ternyata dari pabriknya ada 4 tipe rumah kopling, jadi kalau mau ganti mesti dilihat dalu pakai tipe yang mana tergantung bawaan motor.

“Pertama untuk MX kopling otomatis kode 5YP, kedua kode 2S4 untuk MX kopling manual kampas Karisma, ketiga manual kampas Grand kode 2S4-2, terakhir MX 5 speed dengan kode 55C,” terang Robert yang menambahkan harga rumah koplingnya sama Rp 271 ribu.

Kalau sudah jelas tipe yang mana, mari langsung dipasang. Langkah pertama pasti menguras oli. Kemudian buka footstep dengan membuka 4 pakai kunci ring 12 mm. Jika sudah, lanjut copot kick starter pakai kunci sok 14 mm.

Lanjut ambil kunci pas 12 mm guna membuka kabel kopling dari dudukannya, kalau mau lebih mudah copot saja tuas kopling dari asnya. “Baru buka baut bak kopling pakai kunci T-8,” terang Teddy Cong, yang saudara Robert ini.


“Kemudian pakai kunci T-10 buka 4 baut per kopling (gbr.2), lalu tarik per berikut tutup koplingnya. Lanjut lepas mur 19 pakai sok (gbr.3), tapi buka dahulu penguncinya pakai obeng minus,” lanjut Teddy yang asli Batam ini.

Selanjutnya tinggal pasang rumah kopling yang baru. Urutan kebalikan saat membongkar, tapi jangan lupa pindahkan laher yang ada di cover kopling ke yang baru (gbr.4).

Juga pengunci mur 19 mesti diganti ring per lantaran mentok. Terakhir, tambahkan 2 baut untuk pasang 2 per tambahannya (gbr.5).
Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA