Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Enggan Jadi Korban "Angka Sial", Lorenzo Tetap Pakai Nomor 99 Di MotoGP 2013?

Friday, November 30, 2012


Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) selaku otoritas tertinggi olahraga balap motor (MotoGP) telah merilis daftar pebalap sementara untuk ajang MotoGP musim 2013. Yang unik, sang juara dunia Jorge Lorenzo tetap menggunakan nomor 99 pada motornya.

Sudah menjadi kebiasaan apabila seorang pembalap juara dunia berhak menggunakan nomor 1 pada motornya sebagai penanda bahwa dia adalah juara dunia.

Namun, Lorenzo nampaknya trauma dengan angka tersebut. Pasalnya, pada 2010 lalu, ketika dirinya jadi juara dunia, dia menggunakan nomor tersebut, namun terkena kutukan gagal juara Dunia.

Melihat kembali aksi terakhir Jorge Lorenzo di GP Valencia, Suasana muram menyelimuti kubu Yamaha Factory Racing, kendati Jorge Lorenzo sudah memegang gelar Juara Moto GP 2012.
Karena lintasan basah dan licin, Lorenzo terjatuh dan keluar lintasan pada lap ke-13 dari total 30 lap yang harus dilakoni pebalap pada Moto GP seri ke-18 di Valencia hari ini, Minggu (11/11/2012).

Data Live Timing Motogp.com menunjukkan Lorenzo sebenarnya sudah unggul lebih dari 4 detik atas Dani Pedrosa (Repsol Honda) pada lap 13 sebelum akhirnya Lorenzo tersungkur saat akan meng over-take James Ellison dan tak dapat meneruskan balapan.

Padahal, duel Lorenzo dan Pedrosa sangat seru dan seolah balapan hanya milik mereka berdua, karena pebalap terdekat di belakang mereka berjarak 25 detik pada lap ke-13 tersebut.

Apa boleh buat, Lorenzo harus merayakan pesta Juara Moto GP-nya dengan tangan hampa dari Sirkuit Valencia, karena tak meraih poin dan harus puas menonton aksi seterunya, Pedrosa, dari garasai pit.

Untuk itu, di musim 2013 mendatang, Lorenzo sepertinya akan tetap menggunakan nomor kesayangannya 99, pada motornya. Namun, entry list yang dirilis FIM kali ini masih bersifat sementara dan bisa berubah. Bisa saja, apabila berubah pikiran, Lorenzo bakal mengambil nomor 'kutukan'.

Jika memutuskan tetap menggunakan nomor 99, maka Lorenzo akan mengikuti jejak rekan setim baru tapi lamanya, Valentino Rossi. Ya, The Doctor merupakan salah satu pembalap yang tidak mau menggunakan nomor 1 pada motornya dan memilih setia pada nomor 46 kesayangannya.

Dalam rilisnya kali ini, FIM juga memasukkan jawara British Super Bike (BSB) Michael Laverty yang akan menunggangi tim CRT, Paul Bird Motorsport team (PBM). Laverty yang menggantikan James Ellison akan berduet dengan Yonny Hernandez.

Daftar Pebalap Sementara MotoGP 2013:
4 Andrea Dovizioso (ITA) Ducati Team (Ducati)
5 Colin Edwards (USA) NGM Mobile Forward Racing (FTR Kawasaki )
6 Stefan Bradl (GER) LCR Honda MotoGP (Honda)
7 Hiroshi Aoyama (JPN) Avintia Blusens (FTR )
8 Hector Barbera (SPA) Avintia Blusens (FTR )
9 Danilo Petrucci (IA) Came Iodaracing Project (Ioda-Suter )
11 Ben Spies (USA) Pramac Racing Team (Ducati)
14 Randy de Puniet (FRA) Power Electronics Aspar (ART )
17 Karel Abraham (CZE) Cardion AB Motoracing (ART )
19 Alvaro Bautista (SPA) Go & Fun Honda Gresini (Honda)
26 Dani Pedrosa (SPA) Repsol Honda Team (Honda)
29 Andrea Iannone (ITA) Pramac Racing Team (Ducati)
33 Michael Laverty (GBR) Paul Bird Motorsport (PBM )
35 Cal Crutchlow (GBR) Monster Yamaha Tech 3 (Yamaha)
38 Bradley Smith (GBR) Monster Yamaha Tech 3 (Yamaha)
41 Aleix Espargaro (SPA) Power Electronics Aspar (ART )
46 Valentino Rossi (ITA) Yamaha Factory Racing (Yamaha)
67 Bryan Staring (AUS) Go & Fun Honda Gresini (FTR Honda )
68 Yonny Hernandez (COL )Paul Bird Motorsport (ART )
69 Nicky Hayden (USA) Ducati Team (Ducati)
71 Claudio Corti (ITA) NGM Mobile Forward Racing (FTR Kawasaki )
93 Marc Marquez (SPA) Repsol Honda Team (Honda)
99 Jorge Lorenzo (SPA) Yamaha Factory Racing (Yamaha)

Akan segera di konfirmasi:
Came Iodaracing Project (Ioda-Suter )

Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA