Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

F1 GP Austin US: Review Circuit of The Americas

Friday, November 16, 2012


F1 musim 2012 tinggal menyisakan dua seri terakhir sebelum seluruh pembalap dan tim mulai memindahkan fokusnya ke musim 2013. Dari dua seri tersebut salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah F1 GP Austin US.

Circuit of The Americas (COTA) menjadi venue tempat diselenggarakannya rangkaian kegiatan akhir minggu seri ke-19 F1 2012. Itu merupakan sirkuit terbaru milik Amerika yang terletak di negara bagian Texas tepatnya di Austin.

Sirkuit tersebut selesai dibangun pada tanggal 21 September 2012 dan baru diresmikan pada tanggal 21 Oktober 2012. COTA dinyatakan lolos kualifikasi sebagai sirkuit standar Formula Satu setelah terlebih dulu melalui dua tahap peninjauan dari FIA.

Sirkuit yang dibangun diatas tanah seluas 3.6 km2 tersebut memiliki trek dengan panjang 5.5 meter dan terdiri dari 20 tikungan. Hermann Tilke merupakan insinyur yang didaulat untuk mendesain COTA.

Desain COTA diambil dari beberapa bagian menarik beberapa sirkuit Formula Satu seperti, Maggotts-Becketts-Chapel Sequence di Silverstone, tikungan arena Hockenheim, replika tikungan kedelapan Sirkuit Istanbul, juga tikungan Senna ‘S’ Interlagos.

COTA dapat menampung sekitar 100.000 penonton dengan fasilitas kursi permanen dan temporer. COTA memiliki dua fitur yakni Main Grandstand dan Observation Tower and Amphiteater.

Observation tower memiliki ketinggian 77m, didesain oleh Miro Rivera Architects untuk dijadikan sebagai landmark COTA.

Kemunculan F1 GP Austin US diharapkan dapat melegakan kerinduan masyarakat Amerika dari olahraga balap Formula Satu yang telah absen selama 4 tahun. Terakhir kali F1 GP US digelar pada tahun 2007 di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway.

Profil Sirkuit:

    Nama : Circuit of The Americas
    Panjang : 5.5 km
    Jumlah Tikungan : 20
    Perkiraan Jumlah Putaran : 56 putaran

Source: planet F1

Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA