Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

MotoGP 2013, Rossi - Lorenzo Gunakan Seamless Shift Gearbox

Sunday, February 03, 2013


Setelah dicoba para tester Yamaha di Jepang, girboks baru yang akan dipakai Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi kemungkinan besar hadir dalam tes resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, 5 – 7 Februari 2013.

Lorenzo memang menginginkan M1 2013 mengaplikasikan girboks SSG (Seamless Shift Gearbox).  Sistem yang membuat perpindahan gigi yang diiringi akselerasi menjadi sangat halus. Teknologi ini telah digunakan oleh Team Repsol Honda dan Ducati sejak 2011. Meski hanya berpengaruh pada menambah sekitar 0,1 detik per lap, Lorenzo ngotot pakai SSG demi stabilitas di tikungan.

Sayangnya, SSG hanya terpasang pada motor Rossi dan Lorenzo. Tidak untuk tim Monster Yamaha Tech 3 meski spesifikasi YZR-M1-nya sama. Setidaknya belum ada indikasi apakah kendaraan yang akan dipakai Cal Crutchlow dan Bradley Smith juga mengaplikasikan SSG.

Hal Itu membuat Crutchlow juga ingin mendapat pasokan gearbox tersebut. Apalagi, pacuan tim pesaingnya sama antara pembalap pabrikan maupun tim satelitnya seperti Honda dan Ducati. “Kami tetap pakai girboks lama setelah sekian tahun. Saya tak bilang itu jelek, tapi sudah saatnya ditingkatkan. Saya juga maklum betapa mahalnya perangkat baru itu. Saya tak punya kapasitas untuk meminta, tapi girboks adalah bagian vital yang harus diperhatikan,” tegas Crutchlow.

Bos Tech3 Herve Poncharal pun sama sekali belum tahu dan tidak diberitahu Yamaha apakah skuad pembalapnya akan ikut pakai SSG atau tidak. Ia pun tak tahu persis apakah SSG sudah siap digunakan di Sepang atau belum. Yang ia tahu pabrikan memang memberi prioritas dalam hal apa pun demi pengembangan, termasuk barang baru.

“Kita harus ingat, kami hanya punya lima mesin untuk satu musim kompetisi. Apakah setelah beberapa balapan kami diberikan SSG atau tidak sama sekali, saya benar-benar tak tahu dan tidak dalam posisi untuk menjawabnya. Tapi, saya yakin Yamaha akan memasok kami dengan mesin-mesin yang kompetitif seperti musim lalu,” tandas Poncharal.

Musim lalu performa Tech3 sangat baik dan beberapa kali mampu mengimbangi para pembalap pabrik Yamaha maupun Honda. Tim berbasis di Prancis itu mengoleksi 8 podium dan duduk di tiga besar kejuaraan konstruktor. Pembalapnya, Andrea Dovisiozo, pun sukses meraih urutan 4 klasemen pembalap sedangkan Crutchlow di peringkat 7.
Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA