Autosport Magazine official website | Members area : Register | Sign in

MP4-28, Proyek Ambisius McLaren Di Formula1 2013

Saturday, February 02, 2013


Mobil terbaru McLaren F1, MP4-28 yang diluncurkan pada hari Kamis (31/1) di Woking, Inggris merupakan konsep ambisius dengan pengembangan potensi, demikian yang dinyatakan oleh sang managing director, Jonathan Neale.

"Pada musim ini, kami lebih memilih untuk melakukan sesuatu yang ambisius. Kami yakin telah melakukan pengembangan potensi," ujar Neale.

Pimpinan tim, Martin Whitmarsh pun yakin McLaren akan memulai musim 2013 dengan lebih kuat dibanding akhir musim lalu, yakni ketika memenangi dua seri terakhir.

"Kami menyelesaikan musim lalu dengan mobil tercepat. Kami telah mengembangkan mobil tersebut dan menemukan tambahan performa. Jika kami amati, respon mobil kami kini lebih baik," pungkasnya.

Musim lalu, McLaren berada di peringkat ketiga pada klasemen akhir konstruktor. Musim ini mereka akan tetap menggunakan jasa Jenson Button yang akan didampingi oleh Sergio Perez. Perez adalah mengganti Lewis Hamilton yang kini telah hijrah ke Mercedes.

McLaren menjadi tim F1 kedua yang memperkenalkan mobil F1-nya untuk musim 2013. Mengusung penampilan mirip dari pendahulunya, 'Jet Darat' dengan label MP4-28 itu disebut punya performa beda.

Tim yang berbasis di Woking itu sejatinya dinilai memiliki salah satu mobil tercepat di musim tersebut. Tetapi MP4-27, nama mobil McLaren musim lalu, dianggap kurang dapat diandalkan baik untuk Lewis Hamilton maupun Jenson Button dalam persaingan.

Musim ini, seiring dengan kepergian Hamilton ke Mercedes, McLaren akan membekali Button dan rekan barunya, Sergio Perez, dengan MP-48, mobil yang baru saja diperkenalkan secara resmi di Pusat Teknologi McLaren di Woking.

"Skema warnanya sama persis dan saya pikir itu juga terlihat mirip dengan (mobil) tahun lalu, tetapi di balik itu sama sekali berbeda dengan tahun lalu," kata Button di Autosport.

"Kami tahu regulasinya tidak banyak berubah sejak 2012, tapi ini cukup untuk membuat perbedaan," lanjut juara F1 musim 2009 itu.

Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA